NEWS
DETAILS
Minggu, 21 Jun 2020 16:50 - Honda Community Jawa Timur

Safety riding harus dijalankan dalam berkendara.  Baik jarak dekat atau perjalanan jauh, Cari_Aman wajib supaya lancar  dan nyaman hingga aman sampai tempat tujuan.

Pada Ngoprek (Ngobrol Online Seputar Komunitas) Safety Riding MPM Honda Jatim pada Minggu 21 Juni 2020 live di instagram @mpmhondajatim mulai pukul 15.00 WIB membahas safety riding berkendara jarak jauh ini. Nara sumber di acara yang dipandu Ilham Santoso kali ini banyak.

Ada Yudhistira selaku instruktur safety riding MPM Honda Jatim. Dari komunitas Honda ada Hari Soepriyanto yang menjadi ketua ASFI 2018-2020, pengurus SHC dan anggota KCS. Juga ada Rudy Papachang pemilik rumah makan Madame Chang yang menjadi nara sumber untuk makanan dan minuman yang baik dan sehat dikonsumsi .

Dalam Ngoprek kali ini diawali membahas apa saja yang harus dilakukan untuk perjalanan jauh. Perjalanan jauh ini seperti perjalanan kerja yang dilakukan tiap hari maupun turing yang biasa dilakukan para bikers anggota klub atau komunitas motor.

Yudhistira menjelaskan berbagai persiapan yang harus dilakukan. Dimana persiapannya antara lain :

-Pastikan stamina atau tubuh sehat secara jasmani dan rohani

-Pastikan kendaraannya sehat hingga bisa dipakai berkendara jauh dengan lancar,aman dan nyaman

-Pakai riding gear yang aman dan nyaman hingga berkendara jauh nyaman

“Dari pengendaranya harus sehat dan baik,motor yang dipakai fit dan perlengkapan berkendara yang digunakan aman dan nyaman untuk perjalanan jauh,” kata Yudistira.

Untuk perjalanan turing yang biasa dilakukan para anggota klub, Hari Soepriyanto angkat bicara persiapanmya. Mulai motor kondisinya siap perjalanan jauh, badan sehat dan baik serta pakai riding gear yang aman dan nyaman.

“Helm pakai yang SNI. Termasuk sekarang dalam kondisi pandemi memakai masker. Pakai sarung tangan yang menutup semua jari. Pakaian yang menutup seluruh badan atau lengan panjang. Pakai sepatu. Celana panjang,” katanya.

Memahami rute yang akan dilalui juga masuk dalam persiapan. Mencari jalan yang aman dan lancar sampai di tujuan.

Saat perjalanan jauh ini riding postur berkendara diterapkan. “Penerapan riding postur yang benar untuk mencegah badan cepat pegal dan fokus berkendara serta mengendalikan motor tetap baik,” tambah Yudistira.

Dalam perjalanan jauh ini juga jangan sampai gas terus. Butuh istirahat. “Setelah menempuh 2 jam perjalanan istirahat supaya badan yang capek dan pegal bisa fresh kembali. Fokus tetap baik di perjalanan dan mengendalikan motor,” tutup Yudhis.

Untuk makanan yang baik dalam perjalanan jauh yang dibahas di Ngoprek ini ikuti terus bahasannya di artikel selanjutnya.

RELATED
NEWS
UPCOMING
EVENTS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK