NEWS
DETAILS
Jumat, 11 Aug 2023 14:26 - Honda Community Jawa Timur

Sebanyak 111 siswa dari 52 sekolah berpartisipasi dalam kompetisi AHM Best Student (AHMBS) regional Jatim & NTT 2023. Peserta merupakan siswa-siswi sederajat SMA dengan tahun ajaran 2022-2023. 

Mereka telah mengirimkan karya-karya dengan beragam ide yang menarik dan inovatif dengan mengangkat isu ekonomi, sosial, serta lingkungan seperti yang tercermin dalam Sustainable Development Goals (SDG’s).

Setelah melalui proses seleksi yang ketat oleh juri, 13 karya finalis telah terpilih. Para finalis ini akan maju ke babak presentasi di seleksi AHMBS 2023 tingkat regional Jatim & NTT yang digelar selama 2 hari pada tanggal 07 – 08 Agustus 2023. Para finalis yang berasal dari 12 sekolah bersemangat dan antusias mempresentasikan karyanya di hadapan juri yang dilakukan secara daring.

“Dengan semangat Sinergi Bagi Negeri”, melalui kegiatan ini kami ingin mengajak mengajak generasi muda dalam mengangkat kepedulian serta menjawab isu global melalui karya kritis, kreatif, terstruktur, dan bermanfaat untuk negeri ini. Mereka telah menunjukkan potensi besar dalam menghasilkan ide-ide kreatif dan solusi untuk permasalahan yang dihadapi wilayahnya masing – masing. Kompetisi ini telah menciptakan ruang bagi mereka untuk berbagi pandangan dan inspirasi dalam melalui karya yang memikat brilian yang dapat memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dan lingkungan sekitar." kata Vinensia Kenanga, Corporate Secretary Head MPM Honda Jatim.

PT Astra Honda Motor (AHM) bersama dengan PT. Mitra Pinasthika Mulia (MPM Honda Jatim) distributor sepeda motor Honda wilayah Jatim & NTT menggelar seleksi AHMBS 2023 dengan tema “Gen Z Kuat, Indonesia Hebat”. AHMBS memasukin gelaran ke-21, AHMBS 2023 digelar dengan menyajikan dua kategori perlombaan, yakni kategori ide dan kategori invensi. 

Kategori Ide yakni gagasan karya atau konsep yang diwujudkan dalam bentuk minimal satu purwarupa atau sampel atau prototype, belum dibuat secara massal, dan belum dijual ke masyarakat umum. Ide yang masih dalam tahap konsep tetap memperhatikan unsur kemudahan penerapan dengan hasil berupa prototype. Sementara itu pada kategori Invensi, para siswa dapat mempresentasikan karya sudah terwujud dalam produksi yang sudah digunakan minimal 3 bulan dan dibuat lebih dari 1 unit, sudah dijual ke masyarakat. Karya di Invensi ini sudah bisa diuji dampak yang dihasilkan bagi masyakarat berupa produk atau jasa.

Karya Gen Z ini dikurasi melalui seleksi berjenjang hingga 6 tahapan. Seleksi dimulai dengan seleksi administrasi dilanjutkan bertarung di tingkat regional hingga nasional melalui makalah dan presentasi. Kegiatan penjurian AHMBS dilakukan pada periode 01 April – 29 Juli 2023, selanjutnya dipilih 13 karya yang mengikuti seleksi presntasi . Dan 4 peserta , 2 kaya terbaik kategori Ide dan 2 karya terbaik kategori Invensi akan mengikuti seleksi tingkat nasional pada bulan September dan oktober 2023.

DAFTAR PEMENANG    

ASTRA HONDA BEST STUDENT 2023   

*KATEGORI NVENSI*   

TERBAIK 1 : 

 Raditya Syarifatur Riyad (SMA Laboratorium UM) 

Judul Ide Karya : TNX : Next Generation of Water (Tirta) Purifier, Teknologi Penjernih Air Laut Tenaga Surya sebagai Penunjang Pencapaian SDGs 2030 menuju 100% Akses Air Minum Layak

 

TERBAIK 2:

 Fathimah Az-Zahra (MAN 1 Kota Malang)  

Judul ide : M-COOLS 4.0 (Medicine Cooling Storage): Penerapan Kombinasi Efek Seebeck dan Peltier dalam Thermoelectric Cooling Pouch Sebagai Strategi Pemerataan Layanan Kesehatan di Daerah 3T (Terdepan, Terluar, Tertinggal)

 

*KATEGORI IDE*   

TERBAIK 1 :

 Muhammad Raihan (SMAN 1 Malang) 

Judul karya : Maxi Grain - Inovasi Pengeringan Gabah Modern Berbasis Thermal Ganda.

 

TERBAIK 2 :

 Nabilla Istiqomah (Man 2 Gresik )

  Judul karya : “Crazea Mays” Dedak jagung pada Fermentasi Eceng Gondok sebagai Pakan Ternak Bebek

RELATED
NEWS