NEWS
DETAILS
Selasa, 07 Nov 2023 21:01 - Honda Community Jawa Timur

psikolog lulusan Universitas Indonesia (UI), Oki Oktavianto. Dia menjelaskan, touring bersepeda motor bersama komunitas bisa meningkatkan kesehatan mental.

  •  

"Selain mengoptimalkan fungsi otak, mengendarai sepeda motor terbukti berdampak positif bagi kesehatan mental. Suasana hati meningkat dan stres berkurang saat menyusuri jalanan yang indah," ujarnya.

Dia menuturkan, setiap kali melaju dengan motor, bikers akan merasakan adrenalin dan endorfin yang dilepas tubuh. "Hormon ini berkaitan dengan daya tahan tubuh yang meningkat sebagai tameng dari penyakit yang menyerang," kata Oki.

Menurut Oki, perjalanan jarak jauh bisa meningkatkan kekuatan inti tubuh dan membakar kalori. Caranya adalah menjaga posisi tubuh tetap tegak saat mengendarai sepeda motor.

"Dengan mempertahankan postur tubuh yang benar Anda akan melatih bagian tengah tubuh, menguatkan leher, dan melatih otot-otot punggung bahkan perut. Jika sudah terbiasa, otomatis kalori yang ada di perut, bisa terbakar," ujarnya.

Dia menambahkan ada banyak manfaat yang bisa didapat saat mengikuti touring. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, pastikan tubuh fit dan sehat sebelum berkendara.

"Rencanakan waktu yang tepat untuk memulihkan tenaga sebelum melanjutkan perjalanan, misalnya setiap dua jam berhenti untuk beristirahat, minum, dan meregangkan tubuh," kata Oki.

Sumber : https://www.inews.id/amp/otomotif/motor/touring-bersepeda-motor-baik-untuk-kesehatan-ini-faktanya

RELATED
NEWS